Anak IT harus Melek Teknologi, Indonesia Android Academy dan DevFest 2015

Indonesia Android Academy dan DevFest 2015

Aplikasi berbasis Android sangat diminati dalam pengembangan OS masa kini. Hal ini menjadikan menjamurnya developer berbasis Android, tak terkecuali di Indonesia. Salah satu kegiatan   yang diadakan oleh Google Developer di Indonesia, yaitu Indonesia Android Academy yang merupakan kegiatan berupa kelas workshop pemrograman Android yang bertujuan mendorong lebih banyak anak muda untuk menciptakan aplikasi berbasis Android yang diharapkan memberikan dampak positif serta berguna bagi masyarakat. Vivy, panggilan akrab mahasiswi Program Pascasarjana UNY prodi Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika ini memiliki pengalaman menarik selama mengikuti kegiatan tersebut yang berlangsung selama 9 (sembilan) hari sejak tanggal 20 – 28 Agustus 2015 untuk kursus online melalui Online Course Google di Udacity yang kemudian dilanjutkan dengan kursus secara offline yang dilakukan di Semarang dibantu oleh para fasilitator selama 2 (dua) hari, yaitu pada tanggal 29 dan 30 Agustus 2015.

Untuk kegiatan online sendiri Vivy menjelaskan bahwa, ia harus bisa mengikuti step by step dimana progres masing-masing peserta tercatat dan tersimpan dalam course. Dalam tiap tahapan terdapat beberapa course yang harus diselesaikan yang dipandu dari tim Google. Untuk offline course dilakukan dengan mengikuti panduan dari online course google di Udacity pada workshop yang dilakukan di Semarang. Offline course tersebut diadakan dalam 4 Batch, dalam setiap Batch hanya dipilih 50 peserta yang berhasil menyelasaikan online course sebelum offline course dimulai. Indonesia Android Academy mengajarkan cara membuat aplikasi Android dengan metode yang menyenangkan dan mudah untuk dipahami. Terlebih pada tindak lanjut kegiatan yaitu DevFest, diajarkan bagaimana membuat aplikasi Virtual Reality dan bagaimana perkembangannya dalam dunia Game.

Setelah mengikuti kegiatan dan dinyatakan lulus, perempuan kelahiran Purbalingga, 21 Mei 1992 ini mendapat sertifikat serta undangan untuk menghadiri DevFest 2015 tanpa seleksi dimana dalam kegiatan tersebut dilakukan Graduation Indonesia Android Academy yang diselenggarakan oleh Google Developer Group (GDG) Indonesia pada tanggal 11 Oktober 2015.

“Selanjutnya saya harap teman-teman mahasiswa PTEI dapat mengikuti secara bersama-sama di waktu mendatang jika event ini diadakan kembali”, ujar Vivy Kusuma Hertantri menutup sesi wawancara. (red.)

Tags: