Mahasiswa Dual Degree Magister PTEI UNY Melaksanakan Oral Defense

Dua mahasiswa Dual Degree Magister PTEI UNY, Muhammad Irfan Luthfi dan Rio Nurtantyana telah berhasil menyelesaikan studi mereka di Graduate Institute of Network Learning Technology National Central University (GINLT - NCU), Taiwan. Keberhasilan ini ditandai dengan dilaksanakannya oral defense yang dilakukan melalui video conference Skype dengan melibatkan pembimbing dari GINLT - NCU dan dari Magister PTEI UNY pada Senin (24/7) Pukul 14.00 waktu Taiwan atau Pukul 13.00 WIB. Kedua mahasiswa diuji secara langsung oleh tim penguji yang disiapkan oleh GINLT - NCU yakni Prof. Yi-Zhen Wang dari Department of Information Management National Changhua Normal University, Taiwan, Prof. Hong-ren Chen dari Department of English National Taichung University of Education, Taiwan, dan Prof. Wu-Yuin Hwang dari GINLT - NCU. Sedang dari Indonesia dua pembimbing dari masing - masing mahasiswa juga turut menguji yakni Dr. Ratna Wardani dan Suprapto, Ph.D. Dalam oral defense ini juga dihadiri oleh direktur PPS UNY Prof. Dr. Marsigit, M.A. dan wakil direktur 1 PPS UNY Dr. Sugito, MA. beberapa pejabat dan staf PPS UNY dan calon mahasiswa peserta dual degree tahun 2019/2020.

Beberapa pejabat dan staf PPS UNY turut serta dalam oral defense Oral defense dilakukan melalui video conference skype

Dalam oral defense yang dilakukan selama dua jam, kedua mahasiswa mempresentasikan hasil penelitiannya dengan menggunakan proyektor di depan tim penguji. Masing - masing mahasiswa memperoleh waktu satu jam untuk melakukan presentasi, melakukan tanya jawab dengan tim penguji, dan mempertahankan hasil penelitiannya di depan tim penguji. Mahasiswa Muhammad Irfan Luthfi mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul "Authentic U-Fraction in Authentic Learning Environrment" sedangkan mahasiswa Rio Nurtantyana mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul "Application of the Authentic-UG using Augmented Reality to Support Geometry Learning in Authentic Learning Design". Penelitian yang dilakukan oleh kedua mahasiswa PTEI tersebut dilakukan dari bulan September 2018 hingga Mei 2019. Seluruh kegiatan penelitian dilakukan di Taiwan mulai dari perencanaan, pelaksanaan penelitian, pengolahan hasil data penelitian, hingga penulisan laporan hasil penelitian berbentuk tesis. 

Mahasiswa Muhammad Irfan Luthfi sedang menyampaikan hasil penelitiannya Mahasiswa Rio Nurtantyana sedang menyampaikan hasil penelitiannya

Setelah masing - masing mahasiswa berhasil mempertahankan tesisnya, seluruh tim penguji memberikan ucapan tanda selamat kepada masing masing mahasiswa. Salah satu penguji sekaligus pembimbing kedua mahasiswa di GINLT - NCU, Prof Hwang menyampaikan bahwa kedua mahasiswa adalah mahasiswa yang luar biasa karena kurang dari sepuluh bulan mereka dapat melakukan seluruh rangkaian proses studi. Bahkan kedua mahasiswa juga mampu mengembangkan sistem yang baik untuk mendukung studi mereka. Oleh karena itu, Prof. Hwang berharap kerja sama dual degree antara GINLT - NCU dengan Magister PTEI UNY ini akan semakin baik kedepannya. 

Kedua mahasiswa berfoto bersama setelah menyelesaikan oral defense

Tags: